Shadow Teacher Guru Yang Siap Digigit Dan Dipukul Muridnya

Desember 10, 2017

Ada nggak guru yang siap menerima amukan muridnya?


"Dipukul, digigit bahkan di fitnah sama murid sekalipun itu sudah biasa saya alami, kancing baju sampai lepas ditarikpun pernah, tapi ya saya sabar saja, saya anggap resiko pekerjaan saja" cerita Pak Ipul di depan peserta Training of Trainer Hari Insprasi Luar Biasa, Minggu 10 Desember 2017 di aula gedung Pemko Batam, yag diselenggarakan oleh Kelas Inspirasi Batam.

Siapa sih murid yang tega berlaku kasar begitu sama gurunya?

Pak Ipul begitu murid - muridnya memanggil Syaiful Huda, S.Pd, seorang therapist anak berkebutuhan khusus, berbagi pengalaman tentang menjadi seorang shadow teacher bagi anak - anak autis di kota Batam. Ketidak mampuan anak - anak tersebut mengontrol emosinya saat tantrum, membuat dia harus siap siaga dengan segala resiko yang ada.

Bicara tentang anak - anak berkebutuhan khusus memang sangat menarik. 3 orang pembicara yang berbeda, berbagi seputar dunia disabilitas dan autisme yang sangat bermanfaat bagi kami yang masih awam tentang hal itu.

Berikut intisari dari materi yang disampaikan:

1. Sharing Dunia Disabilitas


Disampaikan oleh Mas Limawan Vihien. Pengalamannya berpuluh tahun mengamati dunia disabilitas ini ditulisnya dalam novel "Cinta Bekelas Sang Disabilitas".

Yang menyadarkan kita bahwa mereka sama saja dengan kita. Mereka juga punya keinginan dan kemampuan yang harus disalurkan. Tergantung kita sekarang, apakah mau memberi mereka kesempatan atau membiarkan mereka mencari rejeki di jalanan.

2. Mengenal Autisme untuk Penanganan dan Pendampingan Di Kehidupan Masyarakat



Mbak Lianda Marta, S.Psi, berbagi pengetahuan seputar autisme. Pesannya kita harus tenang dalam menghadapi anak - anak ini. Penanganan sejak dini akan membuat peluang perubahan prilaku lebih cepat bagi anak autis. Serta tak lupa dukungan dari keluarga dan orang - orang disekitar yang mau menerima keberadaan mereka di tengah masyarakat.

"Anak, sehari bersama therapist itu cuma 1 jam, sisanya bersama orang tuanya. Jadi orang tuanyalah yang menjadi therapist sesungguhnya" kata Mbak Lia. Sehingga orang tua perlu belajar cara mentherapy anak dan menerapkan diet khusus untuk mempercepat perkembangan seorang anak autis.

3. Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Kegiatan Belajar Mengajar


Mas Syaiful Huda, S.Pd yang masih aktif sebagai therapist dan shadow teacher (guru tambahan yang mendampingi seorang anak berkebutuhan khusus dalam kegiatan belajar mengajar), berbagi aneka tips dalam menghadapi anak - anak berkebutuhan khusus ini.

Seperti kalau kita berkomunikasi dengan anak tersebut harus menggunakan kalimat yang sederhana. Artikulasi harus jelas agar mudah dipahami. Lakukan secara berulang perintah yang ingin kita sampaikan, seperti "Ade... lihat.., lihat... lihat" bukan "Ade..ade lihat...ade.. ade.. ade.. ayo lihat".

Menarik bukan, mengetahui tentang dunia disabilitas dan anak berkebutuhan khusus ini, membuat kita lebih siap menerima kehadiran mereka di tengah - tengah kita. Karena mereka merupakan makhluk Tuhan yang mempunyai keunikan yang nyata sehingga mereka hidup dalam keunikan dunianya masing - masing.

Semoga Bermanfaat
COACH ADE
FB/IG: @adejamil WA: 0813 6433 3576



You Might Also Like

0 komentar