Rahasia si Penjilat yang Bisa Anda Manfaatkan

Desember 08, 2017

Siapa sih yang nggak sebel dengan si penjilat?

sumber photo: i.pinimg.com


"Coach Ade nanya dong, bagaimana menghadapi teman kantor yang penjilat?" tanya seoarang teman suatu hari kepada saya. "Bagus dong, sodorin aja piring kotor, gelas kotor, biar dijilatin sampai bersih" jawab saya enteng. Ya.. ya.. ya.. wajar bila anda risih dengan tingkah laku teman yang seperti itu. Tapi dibalik itu semua, ada pelajaran berharga yang bisa kita ambil. Untuk meningkatkan karier kita tentunya.

Apa saja yang bisa kita ambil pelajaran dari si penjilat dalam usahanya mendapatkan hati si Bos?

1. Penjilat selalu CERIA


Kehebohan menjadi ciri khas orang bertipe seperti ini, apalagi kalau sudah ada si Bos. Ada saja bahan yang mau diomonginnya. Suasana menjadi hidup, sehingga si Bos mulai melirik - lirik dan akhirnya betah duduk lama - lama dengan itu orang. Nah kalau dalam sebuah jamuan, orang ini nggak bakalan menyianyiakan kesempatan, buat mendeketin siapa saja yang bakal menguntungkannya kelak...ckckck.

💂

Ya...  keceriaan merupakan salah satu aura positif dalam berkomunikasi. Jagan heran kalau orang - orang yang ceria, lebih banyak temannya daripada anda yang pendiam. Apalagi yang tiap hari pasang muka murung tidak bertenaga. Tentu tidak banyak yang betah duduk di dekat anda, karena cepat diserang virus kebosanan. Jadi mulailah membuat suasana di sekeliling anda menjadi lebih hidup, lebih bersemangat dan lebih kreatif, maka kehadiran anda akan diterima di semua sudut kantor.

2. Penjilat sering MEMUJI

Apa aja dipuji sama orang satu ini. Khususnya yang berhubungan dengan si Bos. Semua pernyataan si Bos selalu saja di dukung, walau pernyataan yang nggak benar sekalipun dan walau dia sendiri sebenarnya tidak suka, tetap saja disanjung, dengan tujuan yang nggak jauh - jauh dari mencari perhatian....ckckck

💂

Namun sadarilah bahwa, setiap manusia membutuhkan sajungan. Sanjungan bisa diartikan sebagai reward atau penghargaan dari orang lain terhadap diri kita. Sehingga kita merasa senang bila dipuji seseorang. Memuji atasan bukanlah hal yang tabu dilakukan di dunia kerja sebenarnya. Karena atasan anda juga manusia, yang membutuhkan penghargaan atas apa yang dilakukannya.

Bila penghargaan itu diberikan oleh bawahannya, maka si Bos akan merasa dihargai dan telah melakukan sesuatu yang tepat. Hal inilah yang sangat dimanfaatkan para penjilat dan sering anda lupakan. Jadi bila ada sesuatu yang dilakukan oleh rekan kerja anda di kantor, yang menurut anda bagus dan layak dipuji, berilah sanjungan sewajarnya. Maka anda akan mendapatkan keramahan dari mereka, sebagai balasan dari sanjungan yang anda berikan. Ingat, lakukan dengan TULUS.

3. Penjilat biasanya PATUH

Apa saja yang disuruh si Bos, pantang ditolak sama ini orang. Bahkan sampai yang bukan urusan kantorpun mau dia kerjakan. Asal si Bos senanglah pokoknya. Makanya tidak heran kalau yang ditunjuk sama si Bos ya..... dia lagi... dia lagi....ckckck.

💂

Sekarang coba posisikan diri anda menjadi seorang atasan. Bos mana yang nggak senang, dapat anak buah yang patuh banget, ngalahin pembantu di rumah. Apa saja yang disuruh mau, nggak banyak komentar, nggak banyak mengeluh, nggak disuruh tapi nyamperin minta kerjaan. Anda pasti senang bangetkan, karena kerjaan anda menjadi cepat selesai.

Sikap proaktif seperti ini perlu anda latih. Menjadikan diri sebagai anggota tim yang siap sedia melakukan segala hal yang dibutuhkan tim anda. Capek? Banyak kerjaan? Nggak sesuai dengan gaji? Inikah yang menghalangi anda selama ini? 

Semua kembali kepada situasi dan kondisi dimana anda bekerja saat ini. Coba dulu sesuai kemampuan anda, untuk lebih aktif dan mulai memaksimalkan waktu kerja anda di kantor.

4. Penjilat selalu Memperlihatkan Hasil yang TERBAIK

Orang ini akan berusaha sekuat tenaga agar terlihat sempurna di mata si Bos. Karena apa yang disuruh akan dilakukannya dengan baik. Tidak peduli bagaimana caranya atau siapa yang mengerjakan sebenarnya, yang penting ketika laporan hasilnya nanti sempurna...ckckck

💂

Keseriusan si penjilat dalam mendapatkan yang dia inginkan, kadang perlu diacungkan jempol. Walau sering menghalalkan segala cara namun yang kita apresiasi adalah keseriusannya, bukan caranya. Hal ini tentu sangat dibutuhkan di dunia kerja. Tidak gampang menyerah ketika menghadapi halangan, dalam menyelesaikan sebuah tugas, merupakan sikap yang harus ada dalam diri kita. Kita perlu mencoba berbagai cara, walau mengeluarkan tenaga extra dan memanfaatkan sumber daya yang ada.

5. Penjilat MENGENALI Seseorang Jauh Lebih Dalam.

Terkadang sumber gossip di kantor berasal dari orang yang satu ini. Karena dia mengetahui seluk beluk si Bos sampai ke dalam - dalamnya. Sehingga apa yang dimaui si Bos dia sudah tahu duluan....ckckck

💂

Mengenali orang disekitar kita lebih jauh, merupakan cara pendekatan yang efektif dalam membangun hubungan baik. Coba anda ingat - ingat, apa yang anda ketahui dari rekan kerja anda selain nama, alamat dan daerah asal. Walau bayak yang mengatakan hubungan di kantor cukup sekedar hubungan pekerjaan dan profesional, akan lebih cair bila anda menambahkannya dengan mengenal mereka sedikit lebih dalam. Apalagi orang - orang yang anda temui setiap hari. Hal ini selain akan membuat anda lebih akrab dengan mereka, hubungan kerjapun akan terhindar dari situasi ketegangan.

sumber photo: vignette.wikia.nocookie.net

Nah bagaimana, anda mau menjadi seorang penjilat sekarang? TENTU TIDAK dan memang bukan itu tujuan tulisan ini. Tapi sekarang anda sudah taukan, apa yang bisa anda lakukan dikantor, supaya si Bos dan rekan kerja anda menjadi lebih dekat dengan anda. Walau tidak harus menjadi seorang penjilat.

Semoga Bermanfaat
😄👍
COACH ADE
FB/IG: @adejamil / WA: 081364333576

You Might Also Like

2 komentar