2 Jam Membangun Team Work Insan Cendikia

Desember 10, 2017

Pernah disuruh kerja bareng untuk menyelesaikan suatu tugas?


Minggu pagi kali ini, 10 Desember 2017, saya berkesempatan bersilaturahmi ke MAN Insan Cendikia yang terletak di Nongsa - Batam. Diberi tugas untuk memberi motivasi dan materi tentang team work dalam acara Latihan Kepemimpinan Siswa, dengan durasi 2 jam.

Nah apa saja yang perlu diketahui oleh calon  pemimpin kids zaman now disana dalam membangun team work yang solid?



1. Bangun Kepercayaan Sesama Anggota Team

Kesuksesan kerja bareng diawali dari rasa saling percaya satu dengan yang lainnya. Percaya bahwa kita mampu menyelesaikan bagian kita sendiri dan percaya bahwa teman kita juga mampu untuk menyelesaikan bagiannya. Percaya bahwa apa yang dilakukan, sama - sama bertujuan untuk kepentingan bersama.

Untuk mendapatkan kepercayaan orang lain, anda perlu melakukan segala hal yang membuat anda mempercayai orang lain. Ya, sesederhana itu. Bila anda bisa mempercayai orang yang jujur, maka anda mulai berkata jujur kepada orang lain. Jika anda bisa mempercayai orang yang menepati janjinya, maka anda perlu memulai menepati setiap janji yang anda lontarkan.

Dalam pelaksanaannya, akan dijumpai beberapa kekecewaan terhadap orang yang anda beri kepercayaan. Seperti hasil yang tidak sesuai harapan, lupa dengan kewajiban hingga kesalahan – kesalahan lain yang dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja. Sehingga akan terjadi krisis kepercayaan terhadap orang lain. Bila hal ini terjadi, maka kedewasaan anda dalam bersikap akan diuji. Apakah anda bisa memaafkan kesalahan anggota team ada? Apakah anda mau memberi kesempatan kedua, terhadap anggota team yang tidak menyelesaikan tugasnya dengan baik?

2. Berlatih Menggunakan Komunikasi Efektif

Salah sambung dan gagal paham dalam berkomunikasi, menjadi awal keretakan dalam sebuah team. Sehingga anda perlu membiasakan diri berkomunikasi dengan baik,untuk meminimalisir misskomunikasi tersebut. Mungkin terkesan sederhana sehingga sering terabaikan, namun bukankah sebuah kobaran api yang besar, dimulai dari sebuah percikan.

Komunikasi efektif dimulai dari berlatih beberapa hal sebagai berikut:

a.                 Mendengar Aktif.
Ternyata ada caranya mendengar apa yang disampaikan orang lain, agar kita tidak gagal paham. Langkah awal adalah anda mematikan komunikasi internal saat mendengarkan. Alias ketika anda mendengarkan sesuatu, jangan bebbicara sendiri di dalam hati, atau menganalisanya sebelum kalimat atau pembicaraan orang tersebut selesai. Mengkonfirmasi kembali dengan sumber suara, tentang apa yang anda pahami atas apa yang dia sampaikan merupakan langkah tepat sebelum anda berpisah dengan sumber berita.

b.                  Menyampaikan Pesan Kembali
Ada dua kemungkinan ketika kita menyampaikan pesan kembali kepada orag lain. Pertama, pesan yang kita sampaikan berupa copy paste atau mengulang kembali setiap kata. Sehingga apa yang disampaikan merupakan apa yang didengar. Kedua mengubah redaksi kata – kata sesuai kemampuan kita sendiri, namun inti pesannya tetap sama. Dua hal ini tergantung kepada daya ingat dan kreatifitas anda dalam berkomunikasi.

c.                   Merangkai Kata Isi Pembicaraan
Susah memahami apa yang disampaikan orang lain terkadang bukan kesalahan anda. Tapi si penyampai beritanyalah yang berbicara berbelit – belit. Supaya anda tidak melakukan kesalahan serupa, mulailah belajar merangkai kata dengan sistematis. Ada pembukaan, ada isi dan penutup. Ulangi isi pesan beberapa kali bila dianggap perlu.


3. Mempraktekkan Management Dasar Dalam Berorganisasi

Sudah tau tentang POAC kan, sebuah rumusan dasar dalam ilmu management;

a.                Planning
Dimulai dengan perencanaan. Merencanakan segala sesuatu bersama - sama akan membuat team anda merasa terlibat langsung dalam suatu kegiatan. Dalam perencanaan inilah, anda bisa memancing ide kreatifitas mereka.

b.               Organizing
Setelah mendapat gambaran kegiatan, mulailah langkah selanjutnya dengan mengorganisirnya alias bagi - bagi tugas. Siapa mengerjakan apa. Usahakan semua anggota team mendapatkan tugasnya masing – masing, agar tidak ada anggota team yang pasif karena tidak tahu apa yang harus dilakukan.

c.               Action
Rencana sudah, pembagian tugas sudah saatnya bertindak. Ya pelaksanaannya yang penting. Rencana yang bagus apabila tidak direalisasikan hanya akan menjadi wacana semata. Sering sekali kita menunda - nunda sebuah kegiatan karena menunggu sesuatu yang ideal terlebih dahulu.

d.               Controlling 
Controlling alias pengawasan bertujuan agar semua pihak yang terlibat mengerjakan tugasnya sesuai dengan perencanaan yang dibuat. Pengawasan juga ditujukan untuk memfollow up segala sesuatu yang terasa berjalan lambat, sehingga mengganggu pekerjaan anggota yang lain.


Dalam memberi pemahaman tentang pentingnya membangun kepercayaan. komunikasi efektif da manajemen ini, saya menggunakan beberapa metode seperti, ceramah, role play dan diskusi. Sehingga susana sangat interaktif dari awal sampai akhir dan tidak terasa waktu berjalan dengan sangat cepat.

Andapun bisa mengambil manfaat dari tips diatas dengan memulai mempraktekkannya di team work anda masing - masing.

Semoga Bermanfaat
😀👍
COACH ADE
FB/IG: @adejamil / WA: 0813 6433 3576




You Might Also Like

2 komentar