Tips Bagi Silent Reader agar Cepat Akrab di Group Online yang Baru

Desember 06, 2017

Berapa banyak group WA di HP anda?




Gaul zaman sekarang, tidak menuntut harus bertatap muka di suatu tempat alias kopi darat. Karena lewat HP saja, kita bisa punya banyak kenalan baru. Mulai dari zamannya BBM Group, sampai WA Group yang lagi booming saat ini. Dari sekedar sapa - menyapa, sampai jualan aneka rupa bisa dilakukan di dalam group.

Ternyata walaupun gaulnya online, permasalahan yang timbul memiliki kesamaan dengan gaul offline, seperti:

1. Ada Teman Yang Pemalu

Kalau di group online kita menyebutnya silent reader, yang kerjaannya cuma ngebaca semua percakapan yang ada di group. Tanpa ada komentar sama sekali apalagi memulai percakapan baru. Paling banter muncul ngucapin selamat lebaran di group, itupun copy paste.

2. Ada Yang Berantem Saling Sindir Menyindir

Yah ternyata dimana-mana sama saja. Kurang seru kali ya kalau nggak ngebully orang lain walaupun belum dikenal. Apalagi kalau isi groupnya, para sista - sista atau emak - emak, juga mas brow yang nyinyirnya nyaingin mak sista, sudahlah. Rame sudah itu group dengan sandiwara dunia, dan yang herannya walau banyak yang nggak suka, tapi banyak juga yang nimpali.

3. Postingan Yang Nggak Nyambung

Group lagi ngebahas apa tiba - tiba... tink muncul postingan lain,, jualan lah, promo lah, info lain lah yang nggak ada hubungan dengan apa yang lagi diobrolin. Uniknya kadang sebelum posting, ada yang buat "Izin OOT ya Admin"... belum izinnya diberikan sudah posting duluan, so buat apa minta izin ya kan. Hal inilah yang membuat anda tidak ditanggapi dengan baik di sebah group online.

Dan masih banyak lainnya, yang bakalan seru abis kalau ini dibahas saat kopi darat bareng teman - teman. Sambil ketawa - ketiwi mentertawakan diri sendiri dan teman - teman lainnya. 

sumber photo: beliefnet.com

Yang menjadi sorotan saya kali ini adalah para SILENT READER.

Sering sekali saya menjumpai, jawaban para anggota group yang memilih hanya menjadi silent reader, sebagai berikut:

1. Belum Kenal Dengan Anggota Yang Lain

Helloo... anda join di sebuah group sebenarnya buat apa? Ya pastilah bakal menemui orang - orang yang belum dikenal di dalam sana. Apalagi sekarang banyak komunitas, yang merecuite anggota baru lewat online. Sehingga ada yang satu group isinya orang baru semua dan belum anda kenal. 

Jadi santai saja, tujuan dibuatnya sebuah group online itu memang untuk silaturahmi kok. Maka kenalanlah dengan yang lain. Ketika anda baru join perkenalkan diri anda, tanpa perlu menunggu permintaan dari anggota group yang sudah ada. Kalau anda mau cepat akrab lagi tinggal japri saja beberapa anggota group tersebut, khususnya para admin group, sehingga anda akan merasa telah mengenal dekat beberapa orang di dalam sana.

2. Tidak Tahu Harus Mau Menulis Apa

Layaknya seorang yag pendiam, para silent reader juga mengalami masalah kebingungan yang sama. Bingung mau nulis apa di group, takut salah. Apalagi kalau history chatnya sudah banyak, males manjatnya ke atas untuk melihat pembahasan dari awal. 

Itulah gunanya emoticon. Jika anda ingin menanggapi obrolan di group tapi bingung mau nulis apa, kirim saja emoticon seperti ini 😀😊. 

Biasanya takut salah dalam berkomentar, dikarenakan isi komentar anda berupa kritikan, sanggahan atau hal - hal yang memicu perdebatan lainnya. Nah bila anda belum cukup percaya diri untuk menuliskan hal itu, mulailah dengan komentar ringan seperti "setuju, terima kasih infonya", ucapan salam, dan sebagainya".


3. Tidak Tertarik Dengan Isi Obrolan

Kegalauan sering juga dialami oleh para silent reader, tidak tertarik berkomentar dan menanggapi, tapi enggan pula untuk keluar dari group. Hal ini disebabkan karena berpikir, siapa tahu suatu hari nanti ada info penting, atau tidak mau kehilangan kontak dengan member group lainnya.

Jika ini yang anda alami, yah anda harus ikhlas bila suatu hari nanti, para Admin bersih - bersih anggota group yang tidak aktif agar bisa memasukkan anggota baru.

Jadi intinya kembali lagi kepada tujuan anda bergabung di sebuah group online.

Apakah ingin mendapatkan informasi?
Apakah ingin menambah teman?
Hanya sekedar untuk promosi jualan?
Atau sekedar penasaran semata.

Dan lakukan rahasia cepat akrab dengan siapa saja di dunia maya maupun di dunia nyata berikut:

SENYUM 😀- SAPA 👋- SALAM 🙏

Semoga Bermanfaat
Coac Ade
FB / IG: @adejamil
WA: 0813 6433 3576

You Might Also Like

0 komentar