CARA MEMENANGKAN HATI JURI LOMBA PIDATO #1

Januari 21, 2018

Pernah ikut Speech Contest, tapi tidak pernah menang? Atau Anda heran yang menang lomba pidato, dia lagi dia lagi?

Mempersiapkan Konsep Pidato Sama Dengan Mempersiapkan Kemenangan

Bagi Anda yang penasaran untuk memenangkan sebuah lomba pidato atau speech contest, Anda harus tahu terlebih dahulu, apa saja yang harus dipersiapkan agar penampilan Anda memukau semua pendengar dan pulang membawa gelar juara.

Siapkan judul pidato sesuai tema perlombaan.

Setelah mengetahui tema dan sub tema yang akan diperlombakan, Anda harus memilih judul yang sesuai dengan hal itu. Referensinya bisa Anda dapatkan dari buku atau peristiwa yang terjadi berkenaan dengan tema tersebut.

Semakin menarik judul yang Anda buat, maka semakin penasaran para juri menunggu penampilan Anda. Jika Anda masih bingung mau ngomong apa, tentang tema yang diperlombakan, Anda bisa bertanya dengan orang - orang disekitar. Apa pendapat mereka atau apa yang terlintas dipikiran mereka bila mendengar tema tersebut.

Buat naskah pidato yang sistematis.

Kerangka umum sebuah naskah pidato adalah pembukaan, isi dan penutup. Ketiga bagian ini harus saling menguatkan sehingga menjelaskan judul pidato yang Anda bawakan dengan jelas.

Jika Anda diharuskan membuat slide presentasi, buatlah semenarik mungkin dengan gambar atau photo yang menguatkan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Pertimbangkan lama waktu yang diberikan kepada Anda. Apakah 7 menit, 10 menit, atau 15 menit. Durasi waktu yang terbatas membuat Anda harus memilih, point utama yang mana saja yang harus dimasukkan ke bagian isi.

Bacalah naskah yang sudah Anda buat dan lihat berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Pastikan ada waktu lebih dari yang ditentukan 3 - 5 menit. Karena biasanya saat berpidato, sering terjadi improvisasi dan penambahan kalimat dari naskah asli.

Tips: Tambahkan data yang akurat, kutipan dari orang terkenal, penggunaan bahasa asing, akan membuat Anda memiliki nilai lebih.

Pahami apa yang Anda tulis.

Kesalahan yang sering terjadi oleh para peserta lomba pidato atau presentasi adalah MENGHAFAL NASKAH. Para peserta cenderung menghafal kata demi kata dari naskah yang mereka bawakan dan ketika konsentrasi mereka terganggu maka hafalannyapun akan hilang.

Ketika ada sesi tanya jawab dengan juri, maka mereka tidak bisa menjelaskannya selancar saat tampil berpidato. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah memahami, POINT - POINT PENTING dan KESIMPULAN dari naskah pidato Anda.

Selebihnya Anda bisa mengembagkannya sendiri dengan kalimat yang berbeda. Supaya Anda mempunyai kosa kata yang cukup terhadap sebuah tema tertentu, banyaklah membaca buku dan artikel tentang tema yang akan Anda bawakan.

Berlatih menerangkan konsep pidato.

Ingat, kegiatan lomba pidato sama halnya Anda sedang menerangkan sesuatu kepada orang banyak. Jadi tugas Anda adalah membuat para pendengar baik penonton apalagi juri, mengerti tentang apa yang Anda sampaikan.

Makanya Anda harus paham betul dengan apa yang Anda sampaikan, agar tidak ada kesan keraguan dari suara dan gerak gerik Anda di atas panggung. Coba ceritakan dulu konsep pidato Anda kepada teman dan keluarga, lalu tanyakan, apakah mereka bisa mengerti dengan apa yang Anda sampaikan.

Apakah nantinya ada perbedaan antara orang yang menghafal naskah dengan yang menerangkan naskah. Tentu saja. Jika Anda menghafal, maka akan terkesan kaku suara dan bahasa tubuh yang Anda perlihatkan. Bahkan sering terdengar seperti rekaman audio.

Berlatih tampil di depan teman dan keluarga.

Banyak manfaat yang akan Anda dapatkan dengan latihan sebelum tampil. Latihan ini bertujuan memperbaiki cara penyampaian Anda dalam menerangkan konsep yang akan Ada bawakan. Anda bisa mengecek apakah suara Anda cukup keras dan jelas, apakah bahasa tubuh Anda sudah meyakinkan dan bagaimana reaksi penonton setelah melihat penampilan Anda.

Dari situ Anda akan mendapat masukan dan ide saat hari perlombaan nanti. Masih malu juga? Buat saja video penampilan Anda dan evaluasi sendiri.

Saat berlatih sendiri, coba hadirkan dahulu dalam pikiran Anda, orang - orang yang akan menonton penampilan Anda tersebut. Baru Anda mulai.

Semakin sering Anda berlatih di depan orang lain, maka Anda semakin percaya diri saat tampil nanti.

Siapkan busana terbaik, yang paling Anda anggap keren.

Jangan sepelekan pakaian yang Anda gunakan dalam sebuah perlombaan. Karena ada penilaiannya tersendiri. Sesuaikan dengan tema perlombaan, yang penting rapi dan bersih. Lagi pula Anda akan lebih percaya diri nantinya karena terlihat menawan di depan banyak orang.

Acessories? Gunakan sekedarnya saja, walau bagaimanapun ini lomba pidato bukan lomba busana.

Selamat mempersiapkan presentasi terbaik Anda, berlatihlah dan jadilah juara di hati para pendengar Anda.

Semoga Bermanfaat
COACH ADE
Fb/IG/Youtube @adejamil - HP/WA: 0813 6433 3576

You Might Also Like

1 komentar