RAHASIA MEWUJUDKAN RESOLUSI 2018

Januari 01, 2018

Seberapa penting sebuah resolusi bagi Anda?


Apakah Anda type yang menulis status resolusi di media sosial saat awal tahun, lalu mendapat banyak like dari teman Anda? 

Atau Anda type yang sering berkata, ah resolusi nggak penting, nggak terwujud juga akhirnya..




Anda pernah naik taxi kan. Saat Anda masuk taxi dan supir taxi bertanya Anda mau kemana? Apakah Anda akan menjawab, "nggak tahu pak  atau jalan aja pak ntar saya kasih tahu", atau Anda akan menyebutkan alamat lengkap tujuan anda?

Ya begitulah tujuan sebuah resolusi, ibarat kita mau naik kendaraan harus punya tujuan yang jelas terlebih dahulu, agar anda tidak mutar – mutar menghabiskan bensin. Namun pertanyaannya:

Bagaimana ya membuat sebuah resolusi yang bisa diwujudkan sebelum akhir tahun? 

Dan bagaimana pula mewujudkan resolusi tersebut agar tidak hanya menjadi sebuah status di awal tahun semata?


Kunci keberhasilan mewujudkan resolusi ini terletak dari 3 tahap penting yang sering anda lupakan. Supaya resolusi anda tahun ini terwujud sesuai keinginan anda, anda harus menaklukkan 3 tahap yang penting berikut ini, terlebih dahulu.

Pertama:

MENENTUKAN RESOLUSI

Anda boleh menuliskan sebanyak – bayaknya resolusi untuk tahun ini, 10, 20, 30 pun boleh. Lalu sortir lah resolusi – resolusi tersebut menjadi dari yang diinginkan, menjadi yang dibutuhkan.  

Apa bedanya? Resolusi yang dibutuhkan, memiliki kekuatan yang lebih besar daripada resolusi yang diinginkan, karena bila Anda tidak mencapainya ada kerugian yang akan Anda derita. Sedangkan bila Anda tidak mencapai resolusi keinginan, Anda lebih cenderung memaafkan diri Anda dan beranggapan nothing to lose.

Langkah selanjutnya, buatlah urutan prioritas dari resolusi yang Anda butuhkan tadi. Pada langkah ini jumlah resolusinya akan semakin mengkerucut, menjadi 5 atau 3 mungkin. 

Review lagi dan tanya lagi resolusi prioritas Anda ini. Sudah Anda banget belum, sudah sesuai dengan value dan passion anda belum, temukan alasan yang kuat, mengapa Anda sangat membutuhkan hal ini terwujud, pada tahun ini.

Gunakan kalimat yang jelas dan detail, agar Anda semakin terarah dan tahu betul yang Anda mau. Coba bandingkan, mana yang lebih powerful kalimat “menurunkan berat badan” dengan “turun berat badan 10 kg sebelum Maret 2018”. 

Bila Anda sudah mantap dengan resolusi pilihan Anda, berarti Anda sudah siap untuk memulai tahap kedua. 

Kedua:


MENJALANKAN RESOLUSI

Yang pertama harus anda lakukan adalah menuliskan resolusi tersebut di tempat yang sering Anda lihat. 

Anda bisa mendesign dan mencetaknya sedemikian rupa sehingga menjadi hiasan meja atau hiasan dinding yang cantik untuk menghias meja kerja Anda atau pojok ruangan yang sering Anda lewati. Anda juga bisa menuliskannya di bebera media sosial yang Anda miliki.

Yang kedua adalah dengan membuat strategi yang sesuai untuk mencapai resolusi Anda. 

Bila dalam perjalannya Anda mengalami hambatan atau kegagalan mewujudkanya, segera ubah strategi Anda, atur ulang dan sesuaikan dengan situasi dan kondisi Anda saat itu. 

Bila resolusi anda berupa mengubah prilaku yang kurang produktif menjadi lebih produktif, Anda harus melakukannya sesering mungkin atau Anda bisa coba 40 hari berturut – turut sehingga akan menjadi sebuat habit baru di tahun 2018 ini.

Maksimalkan sumber daya yang anda miliki, dan yang paling penting pada tahap ini adalah team support. Bentuklah team support untuk resolusi Anda. Apakah itu terdiri dari keluarga, sahabat atau rekan kerja Anda. 

Para supporter Anda ini nantinya akan menjadi penyemangat, menjadi reminder setia, bahkan menjadi auditor Anda, yang akan bawel bertanya apa yang sudah Anda lakukan. Andapun bisa melakukan hal yang sama kepada mereka, sehingga terjadi take and give yang seru bersama mereka.

Anda perlu ingat bahwa proses mewujudkan resolusi, haruslah bisa membuat Anda tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik, lebih kreatifitas dan lebih bahagia tentunya. Sehingga Anda akan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari, sedangkan keberhasilan mewujudkan resolusi akan menjadi bonus terindah pada tahun ini.

Ketiga:


APRESIASI

Anda perlu mengapresiasi terhadap usaha yang telah dilakukan untuk mewujudkan resolusi prioritas Anda. Memberi reward untuk diri Anda sendiri, akan menambah semangat anda untuk menyelesaikan resolusi – resolusi lain yang belum kesampaian. 

Dan jangan lupa untuk merayakan dengan team support Anda yang dengan setia mendampingi Anda untuk mendapatkan semua itu, misalnya traktir makan siang… bolehlah.

Selamat Mencoba ya

Sttt saya mau memboncorkan salah satu resolusi saya di 2018. Yaitu:


POSTING min 15 buah ARTIKEL disini per bulannya.

Dan Anda saya todong jadi supporter saya yah.. mau kann mau kann

Semoga Bermanfaat
COACH ADE
FB/IG: @adejamil - WA: 0813 6433 3576


You Might Also Like

0 komentar