Pages

Selasa, 17 April 2018

MAKSIMALKAN POTENSI ANAK DENGAN 4M

Anak berprestasi menjadi idaman setiap keluarga dan sekolah. Keluarga punya kebanggan tersendiri bila memiliki anak - anak yang berprestasi. Apalagi sekolah, prestasi para siswa merupakan salah satu barometer keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Namun sayangnya tidak semua anak memiliki prestasi yang bisa dibanggakan keluarga dan sekolah, padahal pada dasarnya setiap anak berpotensi mengukir prestasinya masing - masing. 

Saya bersama anak berprestasi SDN 010 Batam Kota

Prestasi merupakan hasil usaha seseorang dalam melakukan sesuatu, yang hasilnya sesuai dengan keinginan orang tersebut. Di kalangan pelajar prestasi dapat digolongkan menjadi:

Prestasi Akademik
  • Nilai raport & ranking di sekolah
  • NIlai kelulusan
 Prestasi Non Akademik, seperti:
  • Prestasi dalam bidang olah raga
  • Prestasi dalam bidang seni
  • Prestasi dalam bidang sosial lingkungan
  • Prestasi dalam bidang keilmuan lainnya
Prestasi Akademik dan Non Akademik, dua - duanya penting dan bisa membanggakan, sehingga anak perlu diarahkan untuk mencapainya.

Karena prestasi merupakan sesuatu yang membanggakan, wajar saja akan membuat percaya diri sesorang menjadi naik. Bila percaya diri sudah naik, maka prilaku kesehariannyapun akan berubah, baik di sekolah, lingkungan maupun keluarga.

Bagaimana memaksimalkan potensi anak agar bisa mengukir prestasi yang membanggakan?

1. MENGENALKAN

Awalnya seorang anak tidak ada yang tahu bakat mereka apa. Mereka hanya suka dan penasaran untuk mencoba sesuatu yang mereka anggap menarik. Pada tahap inilah, orang tua dan pendidik memiliki peran untuk mengenalkan berbagai hal baru kepada mereka. Karena pola asuh dari kelaurga dan pendidik akan berperan besar terhadap ketertarikan anak terhadap sesuatu.

Orang tua sah sa- sah saja bila mau mengarahkan suatu hobby atau keahlian kepada anak. Asal tetap memberi kebebasan kepada anak untuk memilih dan mencoba hal lain yang menarik perhatiannya selama masih bersifat positif dan membangun.

2. MENGENALI

Bakat seorang anak dapat dilihat dari kecendrungan prilakunya sehari - hari. Walaupun Anda sudah melakukan berbagai test potensi diri yang saat ini banyak pilihannya, tetap saja observasi prilaku menjadi cara yang utama dalam melihat bakat atau passion seseorang.

Bila Anda sudah mengetahui bakat atau passion dari anak Anda, maka berilah mereka semangat untuk melakukannya. Semangat untuk berani mencoba, berlatih, bersabar dan pantang menyerah. Karena itu semua merupakan proses dalam mengukir prestasi. Proses inilah yang sangat penting. banyak pelajaran moral yang didapat saat menjalaninya.

3. MENYALURKAN DAN MENGEMBANGKAN

Ibarat sebuah bibit unggul, bila tidak diberi pupuk dan dirawat dengan baik maka lambat laun akan kering dan gagal tumbuh. Bakat juga seperti itu. Bila Anda tahu anak Anda memiliki sebuah bakat, tapi hanya mendiamkannya saja tanpa berusaha menyalurkannya, maka lambat laun bakat itu akan menghilang dengan sendirinya.

Inilah manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Semakin banyak atau beragam ekstrakurikeler yang diadakan di sekolah akan semakin bagus untuk perkembangan anak karena mereka punya banyak pilihan untuk dicoba. Ekstrakurikuler di sekolah merupakan tempat pencarian bakat bagi siswa secara tidak langsung.

Mereka akan mencoba hal - hal baru dan menemukan ketertarikan mereka sendiri nantinya.

Kadang kala orang tua terbentur dengan pendanaan yang dibutuhkan untuk memasukkan anaknya ke tempat - tempat pengembangan minat dan bakat.Untuk itu perlu kiranya mencari alternatif lain, yang bisa menyalurkan bakat anak dan ramah dikantong, sebagai usaha orang tua mewujudkan impian anak - anak mereka.

4. MENGAPRESIASI

Sanjungan dan pujian merupakan salah satu kebutuhan seorang anak untuk membangun kepercayaan dirinya. Pujian perlu Anda ucapkan dan diperlihatkan secara langsung kepada mereka sebagai bentuk dukungan Anda. Tidak semua anak paham dukungan orang tua yang tidak disampikan secara langsung, sehingga hal ini seriang berakibat kerenggangan hubungan diantara mereka, 
Prestasi Akademik maupun Non Akademik berhak mendapatkan apresiasi sebagai penghargaan dari usaha yang telah dilakukan, meskipun hasilnya belum memuaskan.

Semoga Bermanfaat
COACH ADE
FB/IG: @adejamil - WA: 0813 6433 3576
Email: adejamil@gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar