CARA JITU MENGGUSUR “DEMENTOR” DI DEKATMU

Januari 19, 2018

Ketika dia datang maka suasana riang menjadi mencekam, api semangat langsung padam, waspadalah.


Sumber Photo : IG @coco_syah

Bagi Anda pembaca setia novel series Harry Potter karya JK Rowling, pasti sudah tidak asing lagi dengan makhluk kegelapan yang satu ini. Dementor, yang dikisahkan sebagai penjaga penjara Azkaban yang bertugas menghisap semangat hidup dari para tahanan. Pada suatu ketika, para Dementor ini berkhianat dan meninggalkan tugasnya menjaga penjara, menuju ke berbagai tempat tinggal manusia.

Efeknya sangat mengerikan, setiap tempat yang didatangi Dementor, menjadi seram mencekam. Suhu dingin menusuk dan aroma busuk pun menyebar dengan cepat. Ketakutan – ketakutan yang ada di dalam diri manusia, diperbesar berkali - kali lipat dan menjadi santapan lezatnya. Sehingga bila Dementor sudah menghisap ketakutan seseorang, maka kebahagiaan dari orang tersebut akan habis tidak tersisa. Korbannya akan menjadi kering  kerontang seperti mayat kekeringan.

Seremmmm….

Untung ada mantra penangkalnya, Expecto Patronum. Jika mantra ini diteriakkan oleh Harry Potter dan teman – temanya, maka dari ujung wind mereka keluarlah cahaya putih terang benderang, membentuk aneka binatang sesuai dengan pemegang windnya masing – masing. Tapi jangan salah, Expecto Patronum hanya akan berhasil bila yang mengucapkannya memikirkan suatu peristiwa yang sangat membahagiakan.

Harus sangat membahagiakan. Semakin membahagiakan semakin kuat binatang putih yang keluar dari ujung wind, dan menerjang para Dementor yang berada di dekatnya. Sehingga mengembalikan suasana kegembiraan dan hidup kembali di tempat tersebut.

Sumber Photo: IG @coco_syah

Lalu buat apa saya ngebahas semua ini ya?

Tanpa kita sadari dalam pergaulan sehari – hari banyak prilaku Dementor yang berkeliaran. Baik yang dilakukan oleh orang lain, maupun terkadang kita lakukan sendiri , baik disengaja maupun tidak disengaja. Bahasa mudahnya adalah perusak suasana.

Ketika Anda dan teman – teman Anda sedang semangat – semangatnya mendiskusikan sesuatu, sesuatu yang baru anda tahu seperti e-learning misalnya, tiba – tiba ada yang nyeletuk negatif tentang yang Anda bahas. Dan masih berlanjut hingga beberapa saat. Sehingga suasana yang awalnya semangat berubah menjadi lesu kembali.

Atau dalam perkumpulan Anda, baik di rumah di pergaulan dan di kantor, ada beberapa orang yang sering menebar aura negatifnya kesana kemari. Menceritakan masalahnya yang tidak kunjung habis atau memulai percakapan dengan komentar yang negatif terhadap orang lain. Hati – hati kebiasaan seperti ini sangat tidak membangun.

Lalu bagaimana kalau kita punya teman seperti ini bahkan kita sendiri yang sering menjadi Dementor untuk orang lain.

Expecto Petronum…..

Hajar dengan kebahagiaan. Artinya ketika seseorang mencoba memulai percakapan dengan sesuatu yang negatif, Anda timpali dengan sesuatu yang positif yang efeknya jauh lebih besar dari kalimat negatif yang disampaikan.

Contoh:

“Kenapa sih ada peraturan baru lagi di perusahaan ini, mentang – mentang manager baru, mau cari muka aja tuh dia ke bos” kata teman kantor Anda saat makan siang bareng.

Langsung Anda keluarkan Expecto Petronum

“Peraturan yang mana sih, perasaan itu manager mukanya nggak hilang deh, sampai harus dicari – cari, sama si bos pula, ya nggak mempanlah. Eh udah pada cobain menu baru belum di warung sebelah, enak banget loh, saya pengen nyoba tapi belum kesampaian, kita cobain bareng yuk”

Nah bayangkan perbedaan hasilnya, jika Anda terpancing membicarakan topik yang disampaikan teman Anda tadi. Akhirnya makan siang Anda dipenuhi dengan obrolan kebencian tentang perusahaan, tentang manager baru, dan tentang hal – hal lain.

Lalu bagaimana kalau topik pembahasan yang lagi semangat  - semangat di diskusikan itu memang tidak baik. Apa kita tidak boleh melarangnya?

Nah kalau seperti ini, Anda bukan jadi Dementor. Tapi sebagai Reminder diantara teman – teman Anda. Karena arah pembicaraan nantinya bukan terfokus kepada hal yang negatif tapi berubah menjadi yang positif.

Contoh:

“Eh bentar lagi teman kita ulang tahun loh, kita kerjain yuk biar seru, kita lempar pakai telur aja, trus kita kasih tepung, kalau perlu kita siram air, hahaha seru kan sekali – sekali dia kita kerjain.”

Langsung Anda keluarkan Expecto Petronum

“Emang seru sih, lagian biasa juga kan kalau ulang tahun digituin. Tapi itu sudah main stream lah, sudah ketebak jadi nggak kejutan lagi. Belum lagi kita harus bersihin sisa – sisa telur dan tepungnya. Kasian juga kan kalau dia nggak bawa baju ganti. Kita kasih kejutan lain aja yuk yang lebih seru dan bermaafaat gitu, supaya jadi kenangan indah seumur hidupnya”.

Sekarang Anda sudah tahukan cara mengusir “Dementor” di lingkungan pergaualan Anda masing – masing. Intinya, halau semua negative thinking, negative aura, negative topic, negative statement dengan positive thinking, empowering topic, building statement, atau kalau lagi tidak ada ide,  teriakkan saja dengan keras..

EXPECTO PETRONUUUUUUUUM…

Semoga Bermanfaat
COACH ADE
Fb/IG/Youtube @adejamil - HP/WA: 0813 6433 3576








You Might Also Like

0 komentar